Pengertian Manajemen Industri
manajemen industri merupakan kemampuan manajemen suatu industri dalam upaya pengembangan industri dengan prinsip Planning hingga Controlling, pemenuhan fungsi manajerial untuk mencapai tujuan usaha, tingkatan manajemen yang didukung keterampilan yang dibutuhkan untuk menggerakkan sumber daya manusia (SDM) hingga pasar.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran kinsumen dapat
diliahat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik
pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan
pembeli produk.
Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang
dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual,
diseakan atau di pasok keperusahaan lain, sedangkan pasar konsumen adalah pasar
yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu
atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk
pemakaian pribadi. Dari perbedaan tersebut maka dapat di jelaskan karakteristiknya
sebagai berikut
- Karakteristik pemasaran, meliputi nilai penjualan kualitas pembelian dan jumlah pembelian. Tolat nilai penjualan dan kualitas pembelian pada pasar industri jaul lebih besar dari total penjualan pasar konsumen.
- Karakteristik pasar, pemasaran industri berbeda dengan pemasaran konsumen, terutama karena pasar pembeli indusri terkonsentrasi secara geografis dan biasanya menglompok dalam suatu wilayah. Konsumen pembeli indusrti seperti ini merupakan perusahaan industri yang mempunyai modal besar dan melakukan pembelian/prmesanan produk tersebut tergantung dari jumlah pembelian produk akhirnya.
- Karakteristik hubungan antara produsen industri dan konsumen industri terlihat adanya hubungan yang dekat antara penjual dan pembeli pada pasar industri karena jumlah pembeli yang lebih sedikit.
Ruang Lingkup
Pemasaran Industri
Formulasi strategi dan perencanaan pemasaran industri
dimulai dengan suatu analisis terhadap lingkungan yang selalu berubah, baik
mako maupun mikro. \
Sistem klasifisikasi barang/jasa akan memberikan gambaran
bagaimana perencanaan dan strategi pemasaran berbeda menurut kategori
barang/jasa.
Manajemen pemasaran industri berfungsi untuk menganalisis,
merencanakan, melaksanakan, pengendalian diri, dari setiap program yang telah
direncanakan untuk menciptakan hubungan baik yang saling menguntungkan.
Karakteristik dari
pasar industri
1. Pembeli lebih sedikit dibandingkan dengan pasar
konsumsi,
pasar industri memiliki jumlah
industri yang jauh lebih kecil. Misalnya Good Year, Tire Company, masih sangat
tergantung pada pesanan dari salah satu pabrik terbesar.
2. Pembeli dengan skala yang lebih besar.
Dalam pasar yang sangat luas, jumlah
pembeli sangat sedikit namun volume pembelian sebagian besar banyak yang
dikonsumsi.Contohnya Jenis industri seperti sepeda motor, telepon, telegram,
rokok, mesin pesawat terbang dan suku cadangnya, dan serat organik. Empat besar dari produsen tersebut di atas
memberi lebih dari 70 % hasil produksi.
3. Hubungan yang erat antara pemasok dan pelanggan
dikarenakan
dengan sedikitnya jumlah pelanggan dan pentingnya serta kuatnya posisi
pelanggan besar pada pemasok, maka terlihat adanya hubungan erat antara
pelanggan dengan pemasok dalam pasar industri. Pemasok seringkali diminta untuk
menyesuaikan produk mereka dengan kebutuhan pelanggan secara individual.
4. Pembeli yang terpusat
secara geografis.
Di Amerika, lebih dari setengah
jumlah pembeli yang terdapat dalam pasar industri terpusat pada tujuh negara
bagian. Konsentrasi
geografis lebih terlihat pada industrinya, karet dan besi baja.
5. Permintaan turunan.
Kalau kita pelajari sebenarnya permintaan
pasar atas barang industri pada akhirnya berasal dari permintaan atas barang
konsumsi.
6. Permintaan inelastik.
Permintaan total atas barang- barang dan
jasa industri tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan harga. Misalnya, Pabrik
sepatu tidak akan membeli kulit dalam jumlah yang lebih besar hanya karena
jatuhnya harga. Sebaliknya juga mereka tidak akan mengurangi pembelian bila
harganya naik, kecuali mereka mereka mendapatkan pengganti dari kulit yang
memadai.
7. Permintaan Berfluktuasi.
Permintaan atas barang dan jasa industri
cenderung lebih mudah berubah daripada barang industri. Hal ini terjadi
terutama pada permintaan mesin- mesin dan peralatan baru.
8. Pembelian professional.
Barang-
barang industri biasanya dibeli oleh agen yang sudah terlatih secara
professional. Mereka menggunakan setiap jam kerja mereka untuk belajar yakni
bagaimana cara membeli yang lebih baik.
9. Beberapa pengaruh pembelian.
Pada
umumnya lebih banyak orang yang mempengaruhi
pengambilan keputusan pada setiap pembelian dari
barang industri. Dibandingkan dengan pengambilan keputusan pembelian produk
konsumen.
Comments
Post a Comment