M12

Perencanaan strategi,implementasi dan pengawasan dalam pemasaran Industri

TINGKATAN STRATEGI

1. Strategi Korporasi (Corporate Level Strategy)

 Strategi korporasi menangani seluruh ruang lingkup strategis perusahaan terutama dalam menentukan tujuan dan sasaran suatu perusahaan. Strategi ini diperlukan untuk menentukan bisnis apa yang harus atau ingin dimiliki oleh perusahaan seperti jenis produk yang akan diproduksi dan dimana produk tersebut harus dipasarkan. 

2. Strategi Unit Bisnis (Unit Business Level Strategy)

Strategi di Tingkat Unit Bisnis adalah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan dari setiap unit bisnis seperti unit bisnis layanan, produk, divisi ataupun anak perusahaan. Strategi ini dijalankan oleh masing-masing unit bisnis namun harus bersinergi dan mendukung strategi korporasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan induk. 
Memiliki Strategi di tingkat Unit Bisnis ini memungkinkan perusahaan mempertimbangkan biaya dan manfaat dari setiap unit bisnis dan memutuskan posisi yang tepat untuk pengalokasian sumber daya perusahaan 

3. Strategi Fungsional (Functional Level Strategy)
Strategi di Tingkat Fungsional adalah strategi yang dirumuskan secara spesifik pada area fungsional tertentu untuk mendukung strategi unit bisnis. Area fungsional ini meliputi departemen-departemen yang terdapat di unit bisnis seperti pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya manusia, IT serta penelitian dan pengembangan.  Individu-individu ini dapat membantu memastikan bahwa departemen menjalankan elemen strategis yang ditetapkan serta memastikan komponen-komponen di fungsional ini membantu mendukung strategi di tingkat unit bisnis maupun strategi di tingkat korporasi.

PERAN PEMASARAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI

Korporasi (Corporate Marketing)
Peran Pemasaran :
Menyediakan informasi persaingan dan konsumen, menganjurkan orientasi konsumen untuk pengembangan strategi perusahaan dalam jangka panjang.

Unit Bisnis (Strategic Marketing)
Peran Pemasaran :
Menyediakan analisis pesaing dan konsumen termasuk keunggulan dalam persaingan; membuat strategi segmentasi, penetapan pasar sasaran dan positioning; mengambil keputusan lini produk.

Fungsional (Marketing Management)
Mengembangkan dan menerapkan strategi bauran pemasaran dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis; koordinasi aktivitas pemasaran; alokasi sumberdaya.

PROSES PERENCANAAN STRATEGI PADA TINGKATAN UNIT BISNIS

1. Mendifinisikan misi
2. Pemindaian lingkungan eksternal
3. Analisis lingkungan internal
4. Pengembangan tujuan dan sasaran
5. Perumusan strategi pencapaian tujuan
6. Penyiapan program atau strategi tindakan
7. Penerapan stratei dan rencana tindakan
8. Monitoring hasil dan pengambilan tindakan koreksi

EVALUASI DAN PENGAWASAN

Evaluasi dan pengendalian strategis:
1. Customer relationship management (CRM)
2. Overview of evaluation activities
3. The strategic marketing

Evaluasi dan pengendalian pemasaran strategis :
1. Melaksanakan audit pemasaran strategis.
2. Pemilihan criteria performans, pengukuran dan metrics
3.Memperoleh dan menganalisis informasi
4.Penilaian performans dan mengambil tindakan yang diperlukan

Audit pemasaran strategis :
1.Misi dan Tujuan Perusahaan
2.Komposisi dan strategi bisnis
3.StrategiMarketing (untuk setiap unit perencanaan)
4.Aktivitas-aktivitas program pemasaran
5.Implementasidan manajemen


Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Pembeli dengan Penjual

m13

minggu 14