M9
Mengelola Fungsi dan Personal Selling
A. Karakteristik personal selling
Personal selling adalah suatu bentuk promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli
Sifat dan Kriteria Personal Selling
Menurut Tjiptono (2008:224), ada 3 (tiga) sifat personal selling diantaranya yaitu:
1. Personal Confrontation, yakni adanya hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih.
2. Cultivation, yakni sifat yang memungkinkan berkembangnya segala macam hubungan, mulai dari sekedar hubungan beli hingga hubungan yang lebih akrab.
3. Response, yakni situasi yang seolah-olah mengharuskan pelanggan untuk mendengar, memperhatikan, dan menanggapi.
Jenis-Jenis Personal Selling
Menurut Swasta (2002:11), terdapat 5 (lima) macam personal selling diantaranya yaitu:
1. Trade Selling, yaitu penjualan ini dapat terjadi jika produsen dan pedagang besar memperbolehkan pengecer untuk berusaha dan memperbaiki distributor produk-produk mereka.
2. Missionary Selling, yaitu penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang dari para penyalur perusahaan.
3. Technical Selling, yaitu meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat kepada pemberi saran dan nasehat kepada pembeli akhir barang dan jasanya.
4. New Business Selling, yaitu berusaha membuka transaksi baru dengan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Jenis penjualan ini sering digunakan oleh perusahaan asuransi.
5. Responsive Selling, yaitu penjualan diharapkan bisa memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli. Dua jenis penjualan disini yaitu route driving dan retail.\
Bentuk-Bentuk Personal Selling
Menurut Saladin dan Oesman (1994:195), terdapat 3 (tiga) bentuk personal selling diantaranya yaitu:
1. Field Selling, yakni tenaga penjual yang melakukan penjualan di luar perusahaan dengan mendatangi dari satu rumah ke satu rumah atau bisa juga dari perusahaan ke perusahaan lainnya.
2. Retail Selling, yakni tenaga penjualan yang melakukan penjualan dengan melayani konsumen yang datang ke perusahaan.
3. Executive Selling, yaitu hubungan yang dilakukan oleh pemimpin perusahaan dengan pemimpin perusahaan lainnya atau pemerintah dengan tujuan melakukan penjualan.
B.Organisasi Penjualan dan Manajemen
ORGANISASI PENJUALAN MENURUT ORIENTASINYA
Organisasi penjualan dipersiapkan untuk mengendalikan dan mendorongkegiatan penjualan pada tenaga penjualan lapangan di samping juga untukmengkoordinasikan seluruh usaha penjualannya.
Daerah Geografis
Jika orientasi yang dipakai adalah daerah geografis, maka wiraniagamenjual semua barang kepada semua pembeli yang ada di daerah merekamasing-masing.
Jenis Pembeliannya
Jika orientasi yang dipakai adalah pembeli, maka wiraniaga menjualsemua barangnya kepada kelompok – kelompok pembeli yang dipilih.
Jenis Produksinya
Jika perusahaan mempunyai product line yang luas serta jenis-jenis penjualan yang berbeda diperlukan untuk masing-masing jenis produk(product item), maka perusahaan dapat menggunakan wiraniaga khususyang menangani berbagai kelompok barang.Organisasi penjualan sangat penting bagi perusahaan mengingat semakin besar perusahaan akan semakin kompleks kegiatan penjualannya.
Merancang Armada Penjualan
Perusahaan perlu berpikir secara mendalam tentang masalah, perancangan armada penjualan, yaitu pengembangan tujuan, strategi, struktur, ukuran, dan kompensasi armada penjualan.
a. Tujuan dan Strategi Armada Penjualan
Wiraniaga memiliki satu atau beberapa tugas sbb :
1. Mencari calon pembeli
2. Menetapkan sasaran
3. Berkomunikasi
4. Menjual
5. Melayani
6. Mengumpulkan informasi
7. Mengalokasikan
Setelah perusahaan memutuskan pendekatan penjualan yang diinginkan, ia dapat menggunakan wiraniaga langsung atau berdasarkan kontrak. Armada penjualan langsung (perusahaan) terdiri atas karyawan penuh atau paruh waktu yang hanya bekerja bagi perusahaan bersangkutan. Armada penjualan berdasarkan kontrak meliputi wakil produsen manufaktur, agen penjualan, dan / atau pialang, yang menerima komisi berdasarkan besarnya penjualan
Comments
Post a Comment